Pemdes Gondoriyo Gandeng Coca-Cola Bersihkan Sungai

Aksi bersih sungai di desa Gondoriyo, Bergas, Kabupaten Semarang

Ungaran – Pemerintah Desa Gondoriyo Kabupaten Semarang dan Coca-Cola Europacific Partners, Semarang memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) tahun 2024 dengan aksi bersih sungai dan sarasehan pengelolaan sampah pada hari Minggu (2/6/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian warga dan memantik perbaikan pengelolaan sampah. Sebanyak 86 peserta berpartisipasi dalam kegiatan ini termasuk perwakilan DLH Kabupaten Semarang, Coca-Cola, BINTARI, relawan lingkungan, Pemdes dan warga Gondoriyo. Peserta membersihkan sampah di dua lokasi yakni di bawah jembatan Sungai Senayu dan sekitar kebun karet. Sampai akhir kegiatan, lebih dari lima ton sampah telah terkumpul, yang sebagian besar merupakan sampah plastik dan kain.

 

Setelah aksi bersih sungai, peserta membahas keberlanjutan kegiatan pengelolaan sampah untuk Desa Gondoriyo. Beberapa warga desa mengusulkan aksi bersih lingkungan dilanjutkan namun warga lain meminta tindak lanjut yang lebih efektif seperti membuat sistem pengumpulan sampah, membangun TPS 3R, memungut iuran sampah, dan membuat peraturan desa.

 

“Usulan-usulan sangat baik dan perlu dipertimbangkan lebih lanjut. Banyak desa-desa lain yang sudah membuat inisiatif serupa namun gagal dijalankan. Oleh karena itu, kita perlu merencanakan dengan baik” tanggapan Arisno, Kepala Desa Gondoriyo. Shela mewakili Coca-Cola menyambut baik berbagai usulan warga. Ia menegaskan bahwa sampah merupakan tanggung jawab penghasil sampah (MN).

Bagikan :

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *